Selasa, 05 Mei 2009

HOT TIPS Wawancara #3: MENJAWAB dan BERTANYA

Menangani Pertanyaan Bersifat Pribadi

  • Pelamar bisa mengklarifikasi kepada penyanya apa relevansi pertanyaan yang diajukan dengan jabatan yang dilamar sehingga penanya dapat menjelaskan lebih jauh hubungannya dengan pekerjaan, lalu berikan jawaban yang tepat.
  • Pelamar dapat menjawab langsung secara diplomatis dengan kesadaran penuh bahwa pertanyaan tersebut memang tidak memiliki hubungan langsung dengan pekerjaan/jabatan yang dilamar.
  • Pelamar bisa juga menolak untuk menjawab pertanyaan tersebut jika dirasa sangat mengganggu privasi pelamar. Jika hal ini terpaksa dilakukan, maka harus dilakukan dengan cara-cara halus dan diplomatis sehingga recruiter tidak merasa dilecehkan karena dianggap telah memberikan pertanyaan yang keliru.
Menangani Pertanyaan Jebakan
  • Mengapa anda berhenti dari perusahaan yang lalu?
  • Apakah yang menjadi kelemahan anda?
  • Apakah anda sudah mempunyai pacar? Apakah ada niat menikah dalam waktu dekat?

Pertanyaan Umpan Balik Calon Karyawan Kepada Rekruter

  • Apa yang diharapkan dari saya jika saya diterima untuk jabatan ini?
  • Menurut pengalaman disini, apa yang merupakan tantangan terbesar bagi pemegang jabatan ini?
  • Apakah ada pelatihan (internal maupun eksternal) yang dapat membantu saya untuk lebih berperan jika saya diterima bekerja di perusahaan ini?
  • Adakah ada hal-hal khusus di luat uraian jabatan yang harus saya selesaikan dalam waktu tertentu?
Faktor-faktor Negatif Dalam Wawancara Kerja
  • Penampilan diri yang terlihat tidak professional (dandan menor, pakaian yang tidak enak dilihat, tidak rapi, dan tidak sesuai suasana)
  • Bersikap angkuh, defensive atau agresif
  • Ogah-ogahan (tidak terlihat antusias atau tertarik dengan materi pembicaraan yang diajukan pewawancara)
  • Gugup
  • Sangat menekankan pada kompensasi yang akan diterima
  • Selalu berusahan mencari-cari alasan atas setiap kegagalan yang pernah dialami di masa lalu
  • Tidak bisa berdiplomasi, tidak matang dan kurang bisa bersopan santun
  • Menyalahkan perusahaan atau bekas atasan dimasa lalu, atau mengeluhkan perubahan teknologi yang cepat
  • Tidak bisa focus dalam menjawab pertanyaan atau pembicaraan pewawancara
  • Gagal memberikan pertanyaan kepada pewawancara
  • Berulang kali bertanya: “Apa yang dapat diberikan perusahaan kepada saya kalau saya melakukan……?”
  • Kurang persiapan: gagal memperolah informasi penting seputar perusahaan, gagal menjawab pertanyaan-pertanyaan pewawancara dan tidak bisa mengajukan pertanyaan bermutu kepada pewawancara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar