Selasa, 05 Mei 2009

HOT TIPS Wawancara #2: TEKNIK Wawancara


Teknik Wawancara Kerja

Wawancara Kerja Tradisional

Teknik ini menggunakan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang lebih mengklarifikasikan apa yang ditulis dalam surat lamaran dan CV pelamar.


Pertanyaan-pertanyaan Dalam Wawancara Kerja Tradisional

  • Bagaimana anda menggambarkan diri anda sendiri?
  • Apa kelebihan dan kelemahan yang anda miliki?
  • Dimana anda ingin berada dalam 5 atau 10 atau 15 tahun lagi?
  • Apa yang anda inginkan dalam hidup anda?
  • Pernahkah anda mempunyai konflik dengan pimpinan atau pengajar anda?
  • Apa alasan perusahaan kami menggaji anda?
  • Bagaimana anda menggambarkan pekerjaan impian anda?
  • Apakah anda memilih bekerja pada pencarian informasi atau dengan bekerjasama dengan orang-orang?
  • Criteria apakah yang harus dimiliki untuk menjadi pimpinan yang sukses?
  • Apakah latar belakang pendidikan anda mempersiapkan anda pada jabatan yang anda inginkan?
  • Berapa banyak pelatihan yang akan anda ikuti untuk meningkatkan kualitas kerjamu?
  • Kenapa IPK anda tidak terlalu tinggi?
  • Apa saja prestasi yang pernah anda raih pada pekerjaan yang terdahulu/ketika sekolah?
  • Apa tugas-tugas anda pada pekerjaan yang lalu?
  • Darimana anda mengetahui perusahaan ini?
  • Mengapa anda tertarik untuk bekerja di perusahaan ini?
  • Jika anda diterima bekerja untuk jabatan ini, apa yang akan anda
  • Apa itu professionalisme menurut anda?
  • Apa itu teamwork menurut anda?
  • Apa hoby anda?

Wawancara Kerja Behavioral


Teknik ini didasarkan pada teori bahwa “performance” (kinerja) di masa indicator terbaik untuk meramalkan perilaku pelamar di masa mendatang.


Pertanyaan-pertanyaan Dalam Wawancara Kerja Behavioral


S-T-A-R atau S-A-R atau P-A-R

  • Situation or Problem or Task
  • Action
  • Result
  1. Ceritakan pada kami kapan anda mengalami suatu situasi yang sangat tidak menyenangkan dan bagaimana anda berhasil keluar dari situasi tersebut?
  2. Ceritakan pada kami bagaimana anda menyakinkan klien anda ketika anda melakukan presentasi?
  3. Coba anda ceritakan bagaimana anda mengatasi situasi dimana anda harus melakukan banyak tugas dan anda harus membuat prioritas tugas mana yang harus didahulukan.?
  4. Bisakah anda ceritakan keputusan apa yang paling sulit anda buat dalam setahun terakhir ini? Mengapa demikian?
  5. Ceritakan mengapa team anda gagal mencapai target pada tahun sebelumnya dan bagaimana anda memotivasi team tersebut sehingga dapat meraih sukses di tahun berikutnya?
  6. Bagaimana cara anda menyelesaikan konflik? Bisa beri contoh?
  7. Bisakah anda ceritakan suatu kejadian dimana anda mencoba untuk menyelesaikan suatu tugas dan ternyata gagal?
  8. Ceritakan apa yang anda lakukan ketika dipaksa membuat suatu aturan yang tidak menyenangkan bagi karyawan tetapi menguntungkan bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar