Senin, 06 April 2009

SENI BERKOMUNIKASI Bagian #4

Metoda Penyampaian Informasi (dalam difinisi sederhana..)


Ceramah Ilmiah

Ceramah ilmiah adalah pembicaraan semiresmi seorang pakar dalam mengutarakan serangkaian fakta, peristiwa, pemahaman dan prinsip atau mengamati atau menjelaskan berbagai korelasi.


Seminar

Seminar adalah dialog seorang pakar dengan sejumlah trainee selama lebih kurang 1 jam yang membahas beberapa permasalahan dan berbagai aspeknya secara komprehensif. Permasalah tersebut telah dibicarakan dan dikonfirmasikan terlebih dahulu kepada para pakar sebelum pertemuan berlangsung.


Diskusi Terarah

Dalam diskusi terarah, seorang pembicara mempersiapkan sejumlah pertanyaan terarah untuk menyukseskan suatu program, lalu mengetengahkan berbagai pertanyaan dalam rangka menumbuhkan pemahaman rasional dan membiarkan trainee menjawabnya. Dengan demikian transfer informasi dan wawasan peserta bertambah.


Konferensi

Metoda konferensi dan metoda diskusi kolektif ditujukan untuk mencapai tujuan-tujuan komunikasi yang dikehendaki. Metoda ini mengabungkan metoda tanya jawab, usulan dan komentar untuk mencapai tujuan yang diharapkan.


Studi-kasus

Metoda yang melibatkan peserta dalam proses pembelajaran dengan menganalisis sebuah kasus untuk mendapatkan solusi yang tepat ditambah penjelasan mengenai plus/minusnya, usulan dan resolusinya.

Metoda ini adalah berupa diskusi yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan skill, berfikir kritis, kemampuan problem solving an hubungan komunikasi peserta.


Diskusi Panel (kelompok)

Diskusi dengan kelompok orang 5 – 10 orang dengan arahan seorang kordinator mengetengahkan pandangan-pandangan mereka terhadap sebuah tema atau kasus atau pada beberapa poin dalam tema yang luas. Biasanya untuk membahas masalah-masalah yang kontroversial.


Buzz Session

Metoda ini dilakukan dengan membagi sejumlah kelompok kecil, kemudian masing-masing kelompok diberikan tugas untuk dibahas dan dipecahkan dalam waktu tertentu ( 5 – 10 menit). Pada kondisi ini diharapkan para peserta melakukan sharing pengalaman mereka. Hasil diskusi ini akan dibawa kepada rapat besar untuk dibahas lebih lanjut.


Komite

Sejumlah trainee yang berjumlah 5 orang dan diberikan tugas untuk memecahkan sebuah masalah. Setiap kelompok melakukan pembahasan serius tentang issue yang ditugaskan untuk mecari jalan keluar dan alternatif, yang kemudian direkomendasikan dan dipresentasikan dalam rapat besar selanjutnya.


Brain Storming

Sebuah kelompok kecil terpilih untuk menjawab tugas dan pertanyaan pada suatu kasus/issue tertentu. Anggota kelompok akan mecari data dan mengembangkan solusi yang nantinya akan menjadi pendukung dalam diskusi brain storming. Semua ide dan masukan ditulis tanpa melihat salah atau benar, kemudian dilakukan pemilahan, diperiksa, dianalisa untuk mendapatkan solusi jangka pendek dan panjang.


Role Playing

Metoda teatrikal yang spontan terhadap situasi tertentu melalui peran satu atau lebih peserta dengan arahan skenario/komunikator. Sementara peserta yang lain mengamati (berperan sebagai kritikus) dan mencatat kesimpulan yang akan dikemukakan dalam diskusi.


Demonstrasi

Seorang komunikator menjelaskan cara praktis dalam melakukan sebuah pekerjaan dan proses. Ia mengetengahkan hal-hal yang harus dilakukan dan biasa menggunakan kata-kata seperti mengapa, dimana, siapa, bagimana dan kapan hal itu terlaksana.


Lerning by doing (Perfromance)

Merupakan kelanjutan dari proses demonstrasi, dimana perserta melakukan demontrasi skill yang telah diperolehnya dari trainer.


Riset (Assignment/penugasan)

Trainee diberikan tugas untuk membaca dan mepersiapkan rancangan pekerjaan (proyek) untuk menentukan sebagai masalah atau target pengembangan kemampuan tertentu. Metoda ini dilakukan untuk memeperkenalkan kepada peserta sebuah materi tertentu sebelum menerimnya di kelas atau ditempat pekerjaan; untuk memeperhatikan perbedaan-perbedaan individual tentang berbagai penugasan dan pengembangan kemampuannya.


Referensi

Menggunakan buku, referensi, journal sebagai sumber diskusi. Pengajar dan perserta diarahkan kepada satu topik disiplin ilmu atau bidang yang specialis.


Audio visual

Metode ini adalah metode yang modern saat ini dan selalu berkembang. Semua materi training dikumpulkan dalam dalam video, kaset dan slide, kemudian dipresentasikan kepada trainee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar