Rabu, 22 April 2009

Kepemimpinan dan Peran sebagai Pemimpin

Ada beberapa tipe pemimpin dan kepemimpinan, mereka adalah:

Pemimpin kelas 1 adalah pemimpin yang MENDAHULUKAN PERINTAH. Bisa jadi dia berasal dari penunjukan, makanya dia lebih suka menunjuk dari pada mengajak, apalagi mengangkat.

Pemimpin kelas 2 adalah pemimpin yang menjadi MENJADI PUSAT dari pengikutnya. Kesehariannya menjadi panutan, kiblat bagi segala bentuk keputusan yang akan diambil dan menjadi gantungan harapan, sebab hidup bersamanya adalah suka dan kegembiraan. Keputusan yang diambil adalah keputusan popular, menyenangkan dan dapat menjadi sandaran pada saat-saat sulit. Sebab pemimpin ini mau mengorbankan dirinya bagi kelompok.

Pemimpin kelas 3 adalah pemimpin yang mau MENDELEGASIKAN tetapi TIDAK MELEPAS TANGGUNG JAWAB. Sering kali disamakan dengan pepatah "Diberi kepecayaan tetapi ekornya tetap dipegang. Tetapi sudah lebih baik... paling tidak sudah ada pemberdayaan bagi anggota team kerja meski sangat terbatas. Perannya masih kuat didalam team, dan engan untuk melepas meski coba memiliki satu atau dua tangan kanan emasnya sebagai wakil. Namun tetap saja segala keputusan dan kewenangan ada pada sang pemimpin.

Pemimpin Kelas 4 adalah pemimpin yang BERJALAN BERSAMA. Dan pemimpin bekerja bersama team, setara dan berjuang besama mencapai tujuan. Keberadaanya sangat dibutuhkan untuk mengangkat semangat team. Anggota team dibesarkan menjadi mampu memimpin dan secara bergantian memutar roda kelompok mencapai tujuan. Partisipasi aktif anggotanya sangat dinamis. Namun sang pemimpin tetap masih disarang belum bisa meninggalkannya, sebab kehadirannya adalah percepatan dan motivasi bagi kelompoknya dalam mencapai hasil kerja.

PEMIMPIN Kelas 5 adalah pemimpin sejati. Yang setiap harinya bekerja untuk membesarkan anggota teamnya. Satu persatu dipertajam, dibentuk dan dikuatkan. Sehingga masing-masing individu mampu berdiri kokoh dan mengandeng sahabatnya. Ditanggannya selalu lahir pemimpin-peminpin baru. Didalam kelompok adalah kehidupan harmoni dan sinergi. Pencapaian adalah tanggung jawab setiap individu, dan setiap individu memiliki kematangan dan kemampuan untuk berbagi dan bertumbuh bersama.

1 komentar:

  1. betul, saya sepakat sekali dengan anda, itulah mengapa pemimpin dikantor cenderung kurang dihormati
    semoga kita semua sedang dalam perjalanan menuju pemimpin kelas #5

    BalasHapus