Selasa, 07 Juli 2009

LEADERSHIP #7: Cara Pandang Seorang LEADER

Bagaimana Anda melihat Wadah terisi separuh penuh?

(by Tom Rath & Donald O Clifton)

Memang tidak mudah mengubah cara pandang. Sialnya, cara pandang itulah yang sering kali menjadikan orang menilai Anda, dimana pun Anda mulai berucap tentang nilai cara pandang Anda dalam berpendapat.

Setiap orang memiliki sebuah Wadah yang kosong. Adalah hal yang hebat bila Wadah kita terisi penuh bahkan mampu luber dan luberan tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain. Menjadi pribadi berkelimpahan tentu sangat disenangi sahabat, teman atau kerabat. Seban Anda patut menjadi sumber bagi kekurangan mereka.

Namun bagaimana bila Wadah tersebut tenyata kosong? Apakah Anda tetap dapat memberikan manfaat itu?


Setiap orang memiliki sebuah Gayung. Dan dalam kehidupan ini ada fungsi Gayung yang paling penting, yaitu memindahkan isi dalam wadah Anda ke wadah pada orang terdekat yang kita cintai. Gayung itu harus bersih, agar tidak membuat kotor barang yang kita pindahkan. Gayung itu harus kuat, agar mampu memindahkan barang. Gayung itu harus cukup besar untuk dapat cepat memindahkan jumlah ke pada wadah yang lain. Dan Gayung itu juga terkadang harus kecil agar mampu membagi rata bagi wadah-wadah lain yang tengadah.


Pertanyaannya adalah: Apakah Gayung yang kita miliki untuk memindahkan isi yang Anda punya? Atau justru untuk mengambil isi dari wadah orang lain ke wadah Anda?


Meskipun Anda memilih untuk melimpahi wadah yang lain dengan Gayung yang ada, suatu saat Anda tentu membutuhkan Gayung itu untuk memindahkan isi wadah orang lain kedalam wadah Anda.

1 komentar:

  1. Paliang utama menurut saya adalah menjaga agar gayung dan wadah tetap bersih. Terkadang kita sering tidak melihat ternyata ada kotoran yang tidak terlihat secara kasat mata. Apalagi jikalau isi yang ternyata hendak kita pindahkan atau kita ambil telah tercemar oleh kotoran. Sungguh kita harus pandai-pandai menjaga isi, wadah dan gayung agar tetap bersih.

    BalasHapus