Selasa, 07 Juli 2009

LEADERSHIP #6: LEADERSHIP beraroma kopi STARBUCKS

LEADERSHIP beraroma kopi dari STARBUCKS

(by Joseph A. Michelli)

Pengalaman yang ditawarkan bila Anda jajan di Starbucks adalah:

  1. Confortable setting, suasana yang nyaman dan bersahabat. Anda bahkan merasa tidak lengkap bila Anda ke Starbucks tidak bersama sahabat atau pasangan, bahkan untuk pertemuan bisnis pun serasa lengkap dengan ditemani Coffee Goodday atau...
  2. Personal value, suasana yang diciptakan, sapaan pramu saji, musik, bau harum kopi… menyentuh pengunjungnya secara personal. Bahkan hal-hal baik ini dicontoh dengan baik (bahkan lebih baik) oleh warung local dan cafe coffee lainnya.
  3. Meaningful connection... konsep pada point #1 & #2 dipadukan sedemikian indahnya, sehingga connection suasana, nilai-nilai, hawa, bau.. mendekatkan hubungan bagi para pengunjungnya... tertawa rennyah sahabat diseberang meja.. bahkan mengajak kita untuk berbahagia bersama.. konsep suasana senang dalam balutan persahabatan.

Bagaimana untuk dapat mencapai level situasi yang dihadirkan oleh Starbucks:

  • Situasi cafe atau tempat harus mampu mengundang hadirnya: kenyamanan, perasaan di-special-kan dan terhubungnya persahabatan dan jaringan bisnis bila Anda ada disana.
  • Tempat yang nyaman dan aman... meski Anda datang sendiri... (atau click computer mengerjakan tugas sembari ditemani secangkir kopi...)
  • Adalah menjadi tempat pilihan yang selalu ada diotak Anda.. ingat Kopi.. hang-out.. nongkrong.. STARBUCKS... dan yang lebih DASYAT adalah mampu menciptakan sebagai tempat KETIGA (third place).. setelah RUMAH dan KANTOR.

Lima Kunci prinsip LEADERSHIP yang mengubah hal biasa menjadi pengalaman LUAR-BIASA di STARBUCKS:


Prinsip #1: Make it your own.

Be welcoming, be genuine, be considerate, be knowledgeable, be involve


Prinsip #2: Everything matters

Sering kali kita meremehkan dampak dari sebuah senyuman, sapaan bersahabat/santun, sentuhan emosi, lantunan musik yang mendamaikan/mengairahkan, keterbukaan atas kejujuran, bantuan kecil/kepedulian… dan itu semua yang membuat pengunjung kembali duduk menikmati Kopi STARBUCKS.


Prinsip #3: Surprise and Delight

ü Terkadang kita menjadi suka dan lebih gembira ketika mendapak mendapatkan kejutan yang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya.

ü Membuat pelanggan merasa sempurna adalah menciptakan apa yang diharapkannya hadir (hadir sebagai sesuatu yang dikenalinya dengan dekat, secara personal), yaitu produk yang diharapkan bukan sekedar diinginkan.

ü Saking dasyatnya… harum-nya saja seperti telah merengguknya. Sebuah pengalaman yang bisa diduga sebelum bertemu dengannya.


Prinsip #4: Embrace resistance

ü Jangan pernah katakan tidak pada kritik, meski kritik itu tidak fair atau mencela apa yang tengah Anda lakukan.

ü Tidak perlu terganggu atau marah, sebenarnya mereka peduli dengan Anda, yang salah itu tidak sepenuhnya benar. Hanya mereka belum tahu bagimana cara yang benar untuk maksud yang baik.

ü Berfikirlah bahwa celaan dan kritikan tadi akan berlalu dengan Hebatnya diri Anda bagi orang lain.

ü Senyum, sapa dan ramahkanlah bagi kemungkinan datangnya keajaiban. Bahwa pelanggan Anda akan kembali untuk secangkir kopi yang lebih nikmat.

ü Belajar dan pelajarilah pada Mereka yang datang kepada Anda. Senyum dan anggukan dengan keramahan berdasar pada ketulusan hati.


Prinsip #5: Leave your mark

ü Gajah mati meninggalkan Gading dan Harimau mati meninggalkan belang.

ü Anda tidak bisa meninggalkan begitu saja pada apa yang telah Anda perbuat. Tapak yang Anda tinggalkan mengesankan bahwa Anda ada atau tidak Ada. Bisa saja Anda ada, tetapi tidak berbekas, dan Anda sama saja tidak ada.

ü Apakah mereka berkesan betemu dengan Anda? Dan ingin bertemu lagi dengan Anda, bahkan sesegera mungkin? Sebab Anda telah memberikan nilai dan keuntungan baginya, untuk itulah mereka kembali menemui Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar