Dasar-dasar berkomunikasi efektif
Berkomunikasi efektif adalah cara yang benar dalam bersikap, cara menyampaikan dan pengucapan yang digunakan seseorang dalam menyampaikan pesan dan keinginan kepada orang lain sehingga tujuan utama dapat tercapai.
Prinsip dalam berkomunikasi adalah mempengaruhi orang lain agar mau berfikir, bersikap dan
mau bertindak SESUAI dengan keinginan kita.
Contoh: ATASAN MENEGUR ANAK BUAH
Artinya: Atasan mempengaruhi anak buah agar anak buah mejadi sadar (bersikap) dan bertekad/berjanji untuk memperbaiki diri (bertindak)
2 Hal yang menghambat alur komunikasi efektif adalah hambatan Fisik dan Non-fisik.
FISIK:
- Bahasa
- Kebisingan
- Budaya/latar belakang
Non-Fisik:
- Marah (kata-kata kotor & kasar)
- Kesombongan (nada sok kuasa)
- Tidak sabar (bawel & cerewet)
- Ceroboh (ngomong dulu baru berfikir)
- Kesal (nada suara yang tidak enak didengar)
- Ketakutan (ragu-ragu dan memilih-milih kata)
- Prasangka buruk (bersikap meremehkan & merendahkan)
Agar komunikasi itu bisa efektif maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:
- Tetapkan sasaran
- Kepada atau dengan siapa
- Kuasai materi yang akan dibicarakan
- Tentukan tempat yang sesuai
- Tentukan waktu yang tepat
- Kuasai cara berkomunikasi dengan benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar